Komponen utama unit sepeda motor dapat dikelompokan menjadi 4 bagian utama, yakni :
- Engine / Mesin
- Power Train / Pemindah Tenaga
- Chasis / sasis
- Kelistrikan
- Engine / Mesin
- Cylinder Head / Kepala Silinder
- Cylinder Block /Blok Silinder
- Crank Ase / Bak Engkol
- Power Train / Pemindah Tenaga
- Clutch / Kopling
- Gear Box / Gigi Transmisi
- Kick Starter / Starter Kaki
- Chasis / Sasis
- Sistem Kemudi
- Sistem Suspensi
- Rem
- Roda dan Ban
- Kelistrikan
- Motor Starter
- Sistem Pengapian
- Sistem Pelumasan
Fungsi Komponen Utama Sepeda Motor 4 Tak
1. Kepala Silinder / Head Cylinder berfungsi sebagai kedudukan mekanisme katup, komponen penggerak katup dan sistem pengapian. Komponen-komponen yang terdapat pada kepala silinder antara lain:
1. Baut cam sproket 2. Baud soket 3. Cam shaft 4. Roller 5. Poros roker arm 6. Roker arm 7. Baut tensioner 8. Baut silinder 9. Katup/ valve 10. Baut kepala silinder 11. Silinder cup 12. Dowel pin 13.Kepala silinder2. Blok Silinder / Cylinder Block berfungsi sebagai tempat bergeraknya piston, pertukaran gas sisa hasil pembakaran dengan campuran bahan bakar baru, tempat dudukan sirip-sirip pendingin serta tempat masuk dan buang. Adapun komponen-komponennya yang terdapat pada blok silinder adalah :
- Dowel pin
- Ring O
- Gasket kepala silinder
- Clip pena torak
- Pena torak
- Torak / piston
- Cam chain
- Baut penyetel rantai mesin
- Bak mesin kiri
- Bak mesin kanan silinder
- Batang penggerak
4. Batang Piston / Connecting Rod berfungsi menghubungkan piston dengan poros engkol sehingga gerak bolak-balik piston dapat diubah menjadi gerak berputar oleh poros engkol. Bagian ujung batang piston disebut small end dan bagian ujung bawah disebut big end. Pada motor 4 tak hanya bagian big end nya saja yang diberi Roller Bearing. Sedangkan pada motor 2 tak bagian small end dan bagian big end diberi roller bearing ( Bantalan Oli ).
5. Poros Engkol / Crank Saft berfungsi untuk mengubah gerak bolak - balik piston menjadi gerak putar. Poros engkol dibedakan menjadi dua yaitu :
- Type Asembled. Tipe poros engkol ini terdiri dari beberapa komponen lepasan yang dirakit. Biasanya tipe ini dipergunakan pada sepeda motor berkapasitas kecil dan bersilinder tunggal.
- Type One Piece Forged. Tipe poros engkol ini merupakan satu kesatuan komponen. Biasanya digunakan pada sepeda motor berkapasitas besar dan multi silinder. muhammadnursidiq.blogspot.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar